Selasa, 17 Juli 2012

CONTOH KEJAHATAN KOMPUTER

CONTOH KEJAHATAN KOMPUTER

Sejak akses antar komputer menjadi mudah berkat adanya internet, beragam serangan pun bermunculan, mulai dari serangan virus, spyware, worm,trojan, rootkit, spam, phising, DoS (Denial of Service), hinggaMan-in-The-Middle (MITM) Attack.
Beriut adalah beberapa jenis serangan pada sistem komputer :
1.Virus .
Sebagian besar dari kita mungkin sudah tahu serangan bentuk ini .
Berkat adanya internet menyebabkan virus mencadi lebih cepat menyebar dan berkembang biak .
Namun penyebarab virus bukan hanya melalui Internet loh teman , bisa saja melalui flash disk , CD ,Hard Disk dll .
2. Spyware .
Meskipun Spyware memiliki serangan yang lebih rendah dari virus , namun perlu kita waspadai karena serangan ini biasa di gunakan untuk mencuri data-data penting tanpa sepengetahuan kita seperti kode ATM , data peruahaan dll .
Serangan ini biasa di gunakan seseorang demi kepentingan pribadi ataupun kelompok sesuai kehendaknya .
Media utama serangan ini adalah internet .

3. Worm .

Worm adalah sebuah program kecil pada komputer yang mampu berdiri sendiri tanpa induknya .
Worm biasanya di gunakan untuk melumpuhkan jaringan , mengambil ataupun menghapus data melalui media jaringan baik lokal maupun internet .

4. RootKit .

Rootkit adalah progrm komputer untuk melindungi hak paten produk hiburan digital seperti DVD ataupun CD .
Akan tetapi Rotkit telah di modifikasi sedemikian rupa guna kepentingan tak umum .
Rootkit yang telah di modifikasi dapat dikendalikan oeh pemilik(pencpta) rootkit tersebut .
Bahayanya lagi Rootkit dapat menyamar sebagai driver , modul ataupun sistem operasi lainnya .
5. Spam .
Serangan jenis ini tidak terlalu berbahaya selama tidak terkena virus ataupun file berbahaya lainnya .
Biasanya serangan tipe ini di gunakan untuk menyebar luaskan rahasia produk ataupun kegiatan bisnis melalui e-mail .Ini menyebabkan lalu lintas e-mail terganggu .
6. Phising .
Untuk membuat Phising hanya memerlukan pemahaman dalam sociale ngineering .
Pishing dianggap serangan berbentuk penipuan karena biasanya di gunakan untuk membuat samaran domain , web ,keamanan ,layanan , file dsb .
7. Denial of Service (DoS) .
DoS adalah serangan masal yang sangat sulit untuk di tangkal ,sebab serangan ini menggunakan komponenlegal yang biasa dipakai dalam jaringan komputer, salah satunya protokolICMP (Internet Control Message Protocol). DoS disebut serangan massalkarena melibatkan banyak terminal yang diperintahkan untuk mengirim datasebanyak mungkin keterminal tertentu. Terminal data juga kadang tidakmenyadari bahwa dirinya sudah dijadikann alat untuk menyerang terminallain, karena sudah ditanami program tersembunyi seperti worm .
8. Man-in-The-Middle (MITM)Atack .
Serangan ini sering terjadi pada pengguna internet yang tidakmengamankan jalur komunikasinya saat mengirim data penting. Sesuai
namanya Man-in-The-Middle merupakan serangan dengan cara “mendengarkan”data yang lewat saat 2 terminal sedang melakukan komunikasi. Celakanyalagi kedua terminal tadi tidak menyadari adanya pihak ketiga ditengahjalur komunikasi mereka.
Untuk refrensi saja nih teman-teman .Agar kita hati-hati terhadap berbagai bentuk serangan komputer .
Berikut merupakan contoh kejahatan yang menggunakan komputer sebagai medianya :
Dunia perbankan melalui Internet (ebanking) Indonesia, dikejutkan oleh ulah seseorang bernama Steven Haryanto, seorang hacker dan jurnalis pada majalah Master Web. Lelaki asal Bandung ini dengan sengaja membuat situs asli tapi palsu layanan Internet banking Bank Central Asia, (BCA). Steven membeli domain-domain dengan nama mirip www.klikbca.com (situs asli Internet banking BCA), yaitu domain wwwklik-bca.com, kilkbca.com, clikbca.com, klickca.com. dan klikbac.com. Isi situs-situs plesetan inipun nyaris sama, kecuali tidak adanya security untuk bertransaksi dan adanya formulir akses (login form) palsu. Jika nasabah BCA salah mengetik situs BCA asli maka nasabah tersebut masuk perangkap situs plesetan yang dibuat oleh Steven sehingga identitas pengguna (user id) dan nomor identitas personal (PIN) dapat di ketahuinya. Diperkirakan, 130 nasabah BCA tercuri datanya. Menurut pengakuan Steven pada situs bagi para webmaster di Indonesia, www.webmaster.or.id.
Nah teman-teman , dari bacaan di atas bisa kita tarik kesimpulan sementara bahwa steven menggunakan serangan jenis pishing karena sakan-akan membuat situs web duplikat .
Oleh karena itu kita sebagai generasi muda Indonesia harus tetap waspada oleh berbagai hal termasuk serangan-serangan komputer.
semoga posting kali ini bermanfaat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar